Wednesday 25 November 2015

RESEP MASAKAN GULAI SIE MANOK KHAS ACEH



Assalamu’alaikum....
Akhirnya bisa juga memasak lagi gulai sie manok khas Aceh setelah dua bulan yang lalu memasak hidangan ini. Jadi, gulai sie manok atau gulai ayam ini adalah salah satu jenis gulai yang sangat fenomenal di Aceh. Hampir di seluruh Aceh menjadikan masakan ini sebagai hidangan utama waktu acara-acara istimewa seperti pernikahan, akikah, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dan hari-hari tertentu lainnya. Boleh dikatakan, masakan ini adalah sebuah tradisi dari nenek moyang terdahulu. Salah satu keunikan dari masakan gulai sie manok ini adalah dengan menambahkan bumbu khas Aceh yang tidak ada di daerah lain, yaitu U Neulheu atau kelapa parut yang disangrai dan dihaluskan. Dengan adanya u neulheu ini, pastinya menambah cita rasa dari masakan ini sendiri.
Banyak warung nasi di Aceh yang menyediakan hindangan ini. Bahkan, orang yang berjualan nasi gurih di gerobak, menjadikan gulai sie manok ini sebagai lauk utamanya. Tak heran jika masakan ini adalah jenis gulai daging seperti rendang di Sumatera Barat yang menjadi ciri khas-nya. Berikut resep dan cara membuat gulai sie manok khas Aceh.

Baca juga :

Bahan :
1 ekor ayam kampung
25 gr uneulheu (kelapa sangrai)
Sedikit minyak untuk menumis
Garam secukupnya

Bumbu :
10 buah cabai merah kering
3 buah bawang
3 siung bawang putih
2 sdm biji ketumbar
1 sdm lada
2 sdm jintan
1 kelingking jahe
1 ruas kunyit
3 butir kemiri
5 butir kapulaga
3 buah kembang lawang
2 batang daun teumeurui (daun kari)
2 batang serai
3 lembar daun salam
2 lembar daun pandan
2 buah perasan jeruk nipis

Ayam yang dipanggang
Proses memasak gulai sie manok

Cara membuat :
Ayam dicabut bulunya hingga bersih, dan cuci dengan air. Lalu, dipanggang dengan panggangan di atas api sedang. Kemudian potong-potong ayam, sisihkan.
Haluskan cabai kering yang sudah direndam, haluskan juga bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, jintan, jahe, kunyit dan kemiri.
Tumis satu buah rajangan bawang merah, kapulaga, kembang lawang, daun teumurui, serai, daun salam, dan daun pandan yang disimpulkan. Apabila sudah harum, masukkan potongan ayam dan bumbu halus secara bersaamaan. Berikan perasan air jeruk nipis. Jika bumbunya sudah menggelembung, masukkan air setengah dari wajan, lalu masukkan garam, aduk-aduk.
Masak sampai matang, ditandai dengan kuahnya yang mendidih dan daging menjadi empuk.
Angkat dan sajikan.

Selamat mencoba...!!!


Note : supaya lebih gurih boleh ditambahkan sedikit pati santan.

4 comments: